Selasa, 19 Maret 2019

Pemasangan Kabel UTP Straight


     I.         Judul
Pemasangan Kabel UTP Straight

   II.        Teori Dasar
Kabel merupakan perangkat yang digunakan sebagai jalur yang menghubungkan antara perangkat satu dengan perangkat yang lain . Karena jenis kabel UTP yang sering digunakan dalam membuat sebuah jaringan,maka pengkabelan UTP yang akan kita pelajari.
Kabel UTP merupakan salah satu media transmisi yang paling banyak digunakan untuk membuat sebuah jaringan local (Local Area Network). Selain itu harganya relative murah, mudah dipasang dan cukup bisa diandalkan. Sesuai namanya Unshielded Twisted Pair berarti kabel pasangan berpilin/terbelit (twisted pair) tanpa pelindung (unshielded). Fungsi lilitan ini adalah sebagai eleminasi terhadap induksi dan kebocoran. Terdapat beberapa jenis kategori kabel UTP ini yang menunjukkan kualitas, jumlah kerapatan lilitan pairnya, semakin tinggi katagorinya semakin rapat lilitannya dan parameter lainnya seperti berikut ini:
1. Kabel UTP Category 1
Digunakan untuk komunikasi telepon (mentransmisikan data kecepatan rendah),sehingga tidak cocock untuk mentransmisikan data.

2. Kabel UTP Category 2
Mampu mentransmisikan data dengan kecepatan sampai dengan 4 Mbps (Megabits per second).

3. Kabel UTP Category 3
Digunakan pada 10BaseT network, mampu mentransmisikan data dengan kecepatan sampai 1Mbps. 10BaseT kependekan dari 10 Mbps, Baseband, Twisted pair.
4. Kabel UTP Category 4
Sering digunakan pada topologi token ring, mampu mentransmisikan data dengan kecepatan sampai 16 Mbps.

5. Kabel UTP Category 5
Mampu mentransmisikan data dengan kecepatan sampai 100 Mbps.

6. Kabel UTP Category 5e
Mampu mentransmisikan data dengan kecepatan sampai 1000 Mbps (1Gbps), frekwensi signal yang dapat dilewatkan sampai 100 MHz.

7. Kabel UTP Category 6
Mampu mentransmisikan data dengan kecepatan sampai 1000 Mbps (1Gbps), frekwensi signal yang dapat dilewatkan sampai 200 MHz. Secara fisik terdapat separator yg terbuat dari plastik yang berfungsi memisahkan keempat pair di dalam kabel tersebut.

8. Kabel UTP Category 7


Dengan spesifikasi gigabit Ethernet (1Gbps), frekwensi signal 400 MHz. Salah satu pemasangan Kabel UTP yaitu dengan pemasangan : Kabel Straight. Kabel straight merupakan kabel yang memiliki cara pemasangan yang sama antara ujung satu dengan ujung yang lainnya. Kabel straight digunakan untuk menghubungkan 2 device yang berbeda. Contoh penggunaan kabel straight adalah sebagai berikut :
a)     Menghubungkan antara computer dengan switch.
b)     Menghubungkan computer dengan LAN pada modem cable/DSL.
c)      Menghubungkan router dengan LAN pada modem cable/DSL.
d)     Menghubungkan switch ke router.
e)     Menghubungkan hub ke router.




III.    Alat dan Bahan
1.      Kabel UTP



2.      Crimping tool



3.      Konektor RJ45



4.      Cable Terter




  IV.   Langkah Kerja
1.  Siapkan peralatan yang dibutuhkan Kabel UTP,Konektor RJ45,Crimpig tool,dan Cable tester.
2.   Kupas bagian luar kabel UTP (pembungkus kabel keci warna warni) kira-kira sepanjan 2-3 cm dengan menggunakan pengelupas kabel yang ada pada crimping tool ( pada bagian seperti dua buah silet yang saling berhadapan).



3.  Pisahkan dan kelompokkan empat pasang kabel yang ada dan uraikan pasangang-pasangan kabel tersebut.
4.   Susun kabel sesuai dengan urutan warna straight :
PO – PO  , O – O , PH – PH , B – B , PB – PB , H – H , PC – PC , C – C



5.  Rapikan susunan kabel , dan potong ujung kabel yang tidak rata dengan pemotongan kabel yang ada pada crimping tool (bagian yang memiliki satu buah pisau).Pastikan jarak antara pembungkus kabel sampai ujung kabel masuk pada konektor RJ45.



6.  Masukkan kabel ke konektor RJ45 sampai ujung-ujung kabel terlihat dibagian depan konektor RJ45.
7.  Setelah yakin kabel sudah masuk dengan baik ke konektor,masukkan kabel berkonektor RJ45 ke crimping tool untuk dipress. Saat saat konektor didalam crimping tool pastikan kembali kabel sudah sepenuhnya menyentuh bagian depan konektor  dengan mendorong kabel ke dalam RJ45 . Pastikan juga sebaian pembungkus kabel masuk juga kedalam konektor RJ45.
8. Tekan crimping tool supaya semua pin pada konektor  RJ45 masuk danmenembus pelindung kabel-kabel kecil . Jika dalam menekan crimping tool kurang kuat , maka kemungkinan kabel tidak tersobek oleh pin RJ45 sehingga kabel tersebut tidak konek. Dan apabila pembungkus luar kabel tidak masuk ke dalam konektor RJ45 , apabila kabel tersebut sering mengalam pergerakan , maka posisi kabel akan bergeser.



9.  Ulangi langkah-langkah diatas untuk jung kabel yang lain. Perhatikan susunan warna kabel.
10. Setelah kedua konektor tepasang pada kabel UTP , lakukan test pada kabel dengan menggunakan Cable Terster.


    V.  Hasil
 

  VI.   Analisa
                       Jenis Kabel UTP sering digunakan dalam membuat sebuah jaringan .Dalam praktek kali ini kita membuat pemasangan pengkabelan UTP Straight. Kabel straight merupakan kabel yang memiliki cara pemasangan yang sama antara ujung satu dengan ujung yang lainnya.Jika dalam menekan crimping tool kurang kuat , maka kemungkinan kabel tidak tersobek oleh pin RJ45 sehingga kabel tersebut tidak konek. Dan apabila pembungkus luar kabel tidak masuk ke dalam konektor RJ45 , apabila kabel tersebut sering mengalam pergerakan , maka posisi kabel akan bergeser

VII.   Kesimpulan
1.  Kabel UTP merupakan salah satu media transmisi yang paling banyak digunakan untuk membuat sebuah jaringan local (Local Area Network).
2. Terdapat beberapa jenis kategori kabel UTP ini yang menunjukkan kualitas, jumlah kerapatan lilitan pairnya, semakin tinggi katagorinya semakin rapat lilitannya dan parameter lainnya.
3.  Kabel straight merupakan kabel yang memiliki cara pemasangan yang sama antara ujung satu dengan ujung yang lainnya. Kabel straight digunakan untuk menghubungkan 2 device yang berbeda.
4.   Jika dalam menekan crimping tool kurang kuat , maka kemungkinan kabel tidak tersobek oleh pin RJ45 sehingga kabel tersebut tidak konek. Dan apabila pembungkus luar kabel tidak masuk ke dalam konektor RJ45 , apabila kabel tersebut sering mengalam pergerakan , maka posisi kabel akan bergeser


VIII.  Referensi
1.   Syafrizal, Melwin. 2005. Pengantar Jaringan Komputer. Yogyakarta : Andi Offset.
2.   Suryadi, Marius Tomy. 2010. Jaringan Dasar Komputer. Yogyakarta : Andi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redis

Pengertian Redis Redis adalah penyimpanan data dalam memori sumber terbuka yang berfungsi sangat baik sebagai cache atau message broker, te...