Sabtu, 16 Maret 2019

Perangkat Keras Jaringan Komputer



A.    Pengertian Perangkat Keras Jaringan Komputer
Perangkat keras jaringan komputer adalah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan komputer ke komputer lainnya dalam jaringan untuk tujuan berbagi data,berbagi informasi serta berbagi peripheral dalam jaringan.
Perangkat Keras (Hardware) Jaringan Komputer adalah perangkat yang secara fisik dapat dilihat dan diraba, yang membentuk suatu kesatuan, sehingga dapat membangun sebuah jaringan komputer. Untuk dapat membangun sebuah jaringan komputer.

B.    Beberapa perangkat keras jaringan komputer

1.    Komputer Server
 


Komputer server adalah perangkat keras komputer pertama yang merupakan perangkat penting dalam jaringan komputer. Server merupakan salah satu perangkat yang sangat penting, karena server merupakan pusat dari jaringan komputer. Semua data penting yang nantinya akan disebarkan melalui jaringan internet semuanya berada pada komputer server.

2.    Komputer User atau Client
Perangkat keras dalam jaringan komputer yang kedua adalah komputer client atau user, sering juga dkenal dengan istilah terminal ataupun workstation. Secara umum, komputer client ini merupakan komputer umum yang digunakan untuk memperoleh data dari server.

3.    NIC (Network Interface Card) / Ethernet Card / Lan Card
Ethernet Card/ NIC merupakan card yang dipasang pada sebuah PC yang berfungsi untuk dapat berkomunikasi dengan computer lain melalui jaringan LAN (Local Area Network).Ethernet Card menggunakan kabel coaxial , twisted pair , dan digunakan juga dalam wireless LAN.Setiap Ethernet Card Memiliki MAC Addressyang sama.
Beberapa kecepatan transmisi Ethernet Card dibedakan beberapa bagian,diantaranya adalah:

-          10BASE-T (Standard Ethernet) merupakan Ethernet Card yang menyediakan kecepatan transmisi sampai dengan 10Mbps(Mega bit per second).
-          100BASE-T (Fast Ethernet) merupakan Ethernet Card yang menyediakan kecepatan transmisi sampai dengan 100Mbps(Mega bit per second).
-          1000BASE-T (Gigabit Ethernet) merupakan Ethernet Card yang menyediakan kecepatan transmisi sampai dengan 1Gbps.

4.    Hub


Hub merupakan perangkat jaringan yang bekerja di OSI Layer 1 ( Physical Layer ). Hub berfungsi sebagai penerima sinyal dari sebuah computer , kemudian mentransmisikan ke computer lain pada sebuah jaringan. Dengan kata lain Hub bekerja sebagai penyambung , concentrator, dan sebagai penguat sinyal pada kabel UTP.
Hub tidak mengenal MAC Address/Phisical Address, sehingga tidak dapat memilah data yang harus ditransmisikan dan yang tidak,sehingga collision pada sebuah jaringan tidak dapat dihindari. Collision (tabrakan) merupakan suatu kondisi apabila terdapat dua device yang mengirim data padasaat bersamaan yang berakibat hilangnya data.
Pada sebuah Hub dapat berfungsi sebagai Hub Aktif ataupun sebagai Hub Pasif. Hub Aktif dapat difungsikan sebagai penguat sinyal sebelum sinyal tersebut dikirim kembali ke computer lain. Sedangkan Hub Pasif berfungsi sebagai pembagi atau sebagai pemisah sinyal yang ditransmisikan pada sebuah jaringan.Pada sebuah Hub terdapat beberapa port yang digunakan memasang konektor RJ45 yang sudah terpasang pada kabel UTP. 



5.    Kabel Jaringan
     Kabel merupakan perangkat yang digunaan sebagai jalur yang menghubungkan antara perangkat satu dengan perangkat yang lain . Terdapat 3 jenis kabel yang sering digunakan sebagai media komunikasi jaringan.
        a.     Kabel UTP

 


          Kabel UTP ( Unshielded Twisted Pair ),digunakan sebagai media penghubung antar computer dan peralatan jaringan yang lain ( hub atau Switch).Pada kabel UTp berisi 4 pasang (par) kabel yang tiap pairnya disusun spiral atau saling berlilitan. Keempat pasang kabel(delapan kabel ) yang merupakan isi dari kabel UTP berupa kabel tembaga tunggal yang berisolator . Kabel ini tidak dilengkapi pelindung (unshielded ) sehimgga kurang tahan terhadap interferensi elektromagnetik.

        b.     Kabel Coaxcial
Kabel coaxial terdiri atas dua kabel yang diselubungi oleh dua tingkat isolasi.Tingkat isolasi pertama adalah yang paling dekat dengan kawat konduktor tembaga.Tingkat pertama ini dilindungi oleh serabut konduktor yang menutup bagian atasnya yang melindungi dari pengaruh elektromagnetik. Sedangkan bagian inti yang digunakan untuk transfer data adalah bagian tengahnya yang selanjutnya ditutup atau dilindungi dengan plastik sebagai pelindung akhir untuk menghindari dari goresan kabel.Contoh kabel koaksial dalam kehidupan sehari-hari yaitu: kabel tv, thin10Base5 yang biasanya digunakan untuk kabel backbone pada instalasi jaringan antar gedung.Kabel koaksial pada umumnya digunakan pada topologi bus dan ring.

  c.     Kabel Fiber Optic

Jenis kabel fiber optic merupakan kabel jaringan yang jarang digunakan pada instalasi jaringan tingkat menengah ke bawah. Pada umumnya, kabel jenis ini digunakan pada instalasi jaringan yang besar dan pada perusahaan multinasional serta digunakan untuk antar lantai atau antar gedung.Kabel fiber optic merupakan media networking medium yang digunakan utk transmisi-transmisi modulasi. Fiber Optic harganya lebih mahal di bandingkan media lain.

6.    Konektor

Konektor digunakan sebagai sarana penghubung antara kabel dengan colokan NIC (Network Interface Card) yang ada pada komputer Anda. Jenis konektor ini disesuaikan dengan tipe kabel yang digunakan misalnya Konektor RJ-45 berpasangan dengan kabel UTP/STP, konektor BNC/T berpasangan dengan kabel coaxial dan konektor ST berpasangan dengan kabel fiber optic.

7.    Switch

Switch merupakan perangkat jaringan yang beerja pada OSI Layer 2 ( Data Link Layer ) . Switch berfungsi hamper sama seperti Hub. Switch mengenal MAC Address yang digunakan untuk memilah data mana yang harus ditransmisikan . Switch menampung daftar MAC Address yang dihubungkan dengan port-port yang digunakan untuk menentukan kemana harus mengirim paket ,sehingga akan mengurangi traffic pada jaringan.  

8.    Repeater
Repeater adalah sebuah komponen yang berfungsi memperkuat sinyal. Sinyal yang diterima dari satu segmen kabel LAN ke segmen LAN berikutnya akan dipancarkan kembali dengan kekuatan sinyal asli pada segmen LAN pertama sehingga dengan adanya repeater ini, jarak antara dua jaringan komputer dapat diperluas.


9.    Modem
 

Modem digunakan sebagai penghubung jaringan LAN dengan internet. Dalam melakukkan tugasnya, modem akan mengubah data digital kedalam data analog yang bisa dipahami oleh kita manusia ataupun sebaliknya.

10. Bridge
 
Berfungsi seperti repeater atau hub tetapi lebih pintar karena bekerja pada lapisan data link sehingga mempunyai kemampuan untuk menggunakan MAC address dalam proses pengiriman frame ke alamat yang dituju.

      
Referensi
MADCOMS.2009.Membangun Sistem Jaringan Komputer.Yogyakarta : Andi Offset.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redis

Pengertian Redis Redis adalah penyimpanan data dalam memori sumber terbuka yang berfungsi sangat baik sebagai cache atau message broker, te...