Jumat, 14 Juni 2019

Remote dan Sharing Menggunakan Kabel LAN


A.  Remote Dekstop Connection
Remote Desktop adalah salah satu fitur yang terdapat di dalam sistem operasi Windows, yaitu dimulai dari Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, dan Windows Server 2008, sampai Windows 7 dan 8 yang mengijinkan penggunanya untuk terkoneksi ke sebuah mesin jarak jauh seolah-olah mereka duduk di depan mesin yang bersangkutan. Jadi dengan remote desktop, kita dapat membuka “desktop” komputer lain seolah-olah kita sedang di depan komputer tersebut. Dengan remote desktop ini kita bisa menginstall software, menghapus file, melakukan konfigurasi terhadap jaringan, bahkan melakukan shutdown terhadap komputer yang sedang dikendalikan.

Settingan Remote Desktop Connection.
1.   Tab General, bias mensetting supaya login dan password kita akan selalu disimpan bila pilihan Always ask for credentials dicentang. Kita bias juga men-save dan me-restore setting Dekstop di tab ini.
Gambar 1. Tab General

2.   Tab Display,memuat pilihan untuk menentukan resolusi layar dan kedalaman warna windows,sementara pilihan Display the connection bar when I use the full screen,sebaiknya dicentang saja.
Gambar 2. Tab Display

3.   Tab Local Resources, disini kita bisa menentukan setting Audio, Keyboard, dan hardware lain seperti Printer dan Clipboard. Di Remote Audio akan diberi pilihan untuk memainkan audio di komputer remote atau di komputer client, terdapat juga pilihan perekaman suara.
Pilihan keyboard untuk menentukan kombinasi keyboard akan digukanan di komputer remote atau komputer client. Di bagian Local Devices and Resources kita bisa menentukan apakah device seperti printer, harddisk, ataupun hardware pada komputer client akan dishare dengan remote desktop.
Gambar 3. Tab Local Resources

4.   Tab Program, berguna untuk menjalankan program secara otomatis setelah tersambung ke koneksi Remote Desktop.
Gambar 4. Tab Program

5.   Tab Experience, menentukan kecepatan jaringan yang kita gunakan, tampilan desktop, font, dan tampilan animasi di “remote desktop”. Terdapat juga pilihan untuk menyambung otomatis bila koneksi terputus (Reconnect if the connection is dropped).
Gambar 5. Tab Experience

6.   Tab Advance, berfungsi sebagai setting security / keamanan, bila kita yakin dengan keamanan jaringan anda silahkan pilih Connect and dont warn me. Pilihan Connect from anywhere, hanya berfungsi jika remote komputer terhubung dengan domain di Windows Server 2008 dan telah disetting untuk Remote Desktop Gateway
Gambar 6. Tab Advance
B.  Sharing File
Sharing adalah suatu fasilitas yang digunakan untuk membagi suatu file, perangkat dan koneksi internet untuk mencapai suatu tujuan dalam melakukan penghematan suatu biaya dan perangkat keras yang digunakan, dimana fasilitas sharing tersebut bisa dipergunakan secara publik (Bersama-sama). Sharing sendiri bisa diberlakukan pada beberapa jenis file seperti Musik, Video, Dokumen dan lain-lain. Sesuai namanya sharing yang berarti berbagi, sharing folder atau drive adalah suatu folder atau drive tertentu yang terdapat pada sebuah perangkat komputer dimana pada tujuan awal pembuatannya telah disetting untuk bisa diakses secara bersama - sama dalam waktu yang bersamaan.

Manfaat Sharing Folder dan File.
1.   Memudahkan didalam pengelolaan/management folder/drive pada suatu jaringan khususnya pada jaringan LAN (Local Area Network).
2.   Dengan fasilitas ini kita tidak perlu mencopy suatu file/folder dari suatu computer melalui drive lain seperti Flashdisk. Namun fasilitas ini hanya menggunakan Harddisk computer yang dijadikan tujuan utama tersebut.

Resiko Sharing Folder dan File.
1.   Rentalnya terjadi kehilangan suatu folder dan file-file penting,yang tersimpan pada suatu folder sharing tersebut.
2.   Dapat dimanfaatkan oleh suatu virus jahat yang dapat merusak system computer serta jenis-jenis keluarganya juga yang dapat membuat sarang yang sulit terdeteksi pada sebuah folder/drive yang sudah ditetapkan ssebagai folder/drive yang sudah ditetapkan sebagai folder sharing serta biasanyavirus-virus tersebut berasal dari computer-komputer yang berada dalam satu jaringan tersebut.
3.   Rentan akan terjadinya fle-file corrupt yang diakibatkan penyebaran virus dijaringan tersebut.
4.   Pengaksesan yang terbuka yang bias mengakibatkan berubahnya suatu file.

Langkah Kerja
1.    Langkah Remote Dekstop
a.     Hubungkan computer menggunakan kabel cross.
b.     Pada computer yang ingin diremote,kita setting terlebih dahulu passwordnya dengan mengklik start > control panel > klik user account and family safety >klik user account > change your password.
Gambar 1.1 Tampilan awal change Password

Gambar 1.2 Tampilan password yang telah di ubah

c.     Selanjutnya buka my computer  > klik kanan > klik propertis > klik remote setting pada assistance >ceklis .Remote desktop > klik allow connections from camputer running any version of remote desktop.
Gambar 1.3 Tampilan Penyettingan Remote Dekstop

d.     Klik kanan pada icon network > klik open network and sharing > klik change advance sharing setting > klik trun on semuanya > save change.
e.     Klik start > klik allow remote acces to your computer  > klik allow connection from computer > ceklis allow remote assistance connection to this computer > klik ok.
f.      Buka kembali network and sharing > klik local area connection > properties > klik internet protocol version 4 (TCP/IP v4) > properties > atur IP address untuk computer kita dan masukan juga IP address  yang ingin diremote > ok
Gambar 1.6.1 Tampilan Local Area Connection Properties


Gambar 1.6.2 Tampilan Internet Protocol V4
g.     Uji koneksi dengan mengetik cmd pada menu start lalu klik ok > kemudian ketik ping  … (dibagian titik-titik masukan IP address).dan uji juga IP address yang diremote.
Gambar 1.7 Tampilan Pengepingan
h.    Klik start > all program > remote desktop connection.
Gambar 1.8 Tampilan Pencarian Remote Dekstop Connection

i.      Ketikkan ip address computer yang akan di remote,lalu klik connect.
Gambar 1.9 Tampilan Remote Dekstop Connection
j.      Ketikkan password komputernya dan klik ok,terakhir klik yes.

Gambar 1.10 Tampilan Remote Dekstop Connection


2.    Langkah Sharing Data
a.     Hubungkan computer menggunakan kabel cross.
b.     Setting ip address masing-masing computer.
c.     Buka control panel > network and internet > network and sharing center.
d.     Klik change advanced sharing settings.
e.     Kemudian turn on pada public (current profile),file and printer sharing,public folder sharing, media streaming,file sharing connections,dan pada password protected sharing klik turn off password protected sharing,lalu klik save changes.
f.      Buat atau pilih folder/data yang akan di share ke computer lain.
g.     Klik kanan pada folder tersebut,lalu pilih properties,kemudian pilih tab sharing dan klik tombol share.
Gambar 2.7 Tampilan pengaturan data yang akan di share

h.    Pada choose people to share with ,pilih tipe namanya, seperti guest, user, everyone,atau create a new user. Pilih saja everyone kemudian tekan tombol add.
Gambar 2.8 Tampilan Choose People to Share with

i.      Selanjutnya pada permission level pilih read, atau read/write,lalu klik share,terakhir klik done. Untuk melihat hasil sharing klik network pada file explorer lalu ketik saja IP addres d bagian atas
Gambar 2.9.1 File Sharing

Gambar 2.9.2 Tampilan data yang telah di share


Referensi
1.     M.Thomas, Robert. 1999. Pengantar Local Area Network. Jakarta : Elexmedia Komputindo.
2.     Syafrizal, Melwin. 2005. Pengantar Jaringan Komputer. Yogyakarta : Andi Offset.
3.     Suryadi, Marius Tomy. 2010. Jaringan Dasar Komputer. Yogyakarta : Andi.
4.     Tanutama, Lucas. 1995. Teknologi Komputer. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redis

Pengertian Redis Redis adalah penyimpanan data dalam memori sumber terbuka yang berfungsi sangat baik sebagai cache atau message broker, te...